5 Channel Digital Marketing untuk Bisnismu

Diposting pada

Gatcha.org — 5 Channel Digital Marketing untuk Bisnismu — Bisnis bukanlah sesuatu yang asing bagi kita semua. Bisnis sudah dijalankan sejak zaman kakek nenek moyang kita meskipun mungkin cara-cara yang digunakan berbeda. Dulu, untuk mengembangkan bisnis, kita masih menerapkan cara-cara konvensional seperti, mengabarkan suatu produk dari mulut ke mulut, meletakkannya pada media cetak, membuat poster atau banner yang besar agar produk kita bisa menarik perhatian para konsumen.

Namun, saat ini teknologi sudah semakin maju. Hal ini juga berpengaruh ke sektor bisnis. Jika dulu media untuk memasarkan produk bisa dibilang terbatas, saat ini kita tidak perlu bingung untuk meraih minat konsumen sebanyak-banyaknya.

5 Channel Digital Marketing untuk Bisnismu

Perkembangan teknologi menjadikan kegiatan memasarkan produk menjadi serba online. Atau biasa dikenal dengan istilah digital marketing. Meski sudah cukup canggih, tidak sedikit pebisnis yang masih kebingungan perihal digital marketing ini. Karenanya, mari kita simak bersama channel-channel digital terbaik untuk mengembangan bisnis.

  1. Content Marketing

Content marketing adalah kegiatan marketing yang berfokus pada pembuatan konten untuk menarik minat konsumen. Konten yang ditampilkan tentu tidak bisa dibuat asal-asalan. Konten yang akan dipublikasikan harus mampu menarik audiens secara tepat, dibuat secara konsisten, serta relevan dengan produk yang dipasarkan. Konten yang ditampilkan sendiri dapat berupa tulisan, gambar, video, audio, dan sebagainya.

Content marketing adalah bagian penting dari sebuah program marketing. Dengan memiliki konten yang menarik, kita sebagai pelaku bisnis bisa membangun hubungan yang langgeng dengan pelanggan serta membangun kredibilitas bisnis. Konten-konten yang telah kita buat nantinya bisa dibagikan pada website, blog, email, ataupun media sosial. Karenanya mempunyai website, akun media sosial, juga email pribadi adalah hal yang sangat penting untuk menunjang sebuah usaha.

  1. Email Marketing

Email marketing adalah salah satu cara marketing online yang efektif. Kita sebagai pemilik usaha dapat mengirimkan email yang berisi promosi, informasi produk terbaru, diskon untuk pelanggan, hingga acara-acara yang kita selenggarakan kepada para konsumen. Email inilah yang nantinya akan menarik perhatian konsumen untuk mengetahui produk kita dengan lebih mendalam, juga menggiring mereka untuk mengunjungi website milik kita.

Menggunakan email marketing artinya kita harus mampu memberikan sesuatu yang singkat tetapi tepat sasaran. Sebab tidak jarang orang-orang yang begitu saja mengabaikan email yang masuk ke kotak pesan mereka. Oleh karena itu sangat diperlukan strategi pada saat mengirim email seperti kesesuaian target konsumen dengan produk yang kita tawarkan, isi pesan yang bisa menarik konsumen untuk membaca, juga mencari waktu-waktu yang tepat pada saat mengirim pesan.

  1. Social Media Marketing

Saat ini, mungkin sudah jarang kita temui orang-orang yang tidak menggunakan media sosial. Hampir semua orang mempunyai akun tersebut, tidak terkecuali pelaku bisnis. Social media adalah salah satu alat yang cukup ampuh untuk bisa memasarkan produk yang kita miliki. Di sana, kita bisa mengunggah gambar dan video yang dibuat semenarik mungkin hingga terjalin interaksi antara produsen dan konsumen. Konten yang kita buat nantinya diharapkan mampu meningkatkan kesadaran merek, mendapatkan traffic website, dan menghasilkan leads.

Karenanya, tidak heran jika saat ini banyak bisnis yang memanfaatkan media sosial seperti facebook, instagram, twitter, dan lain sebagainya untuk meletakkan dan mengenalkan produk-produknya. Kita hanya perlu menyesuaikan platform mana yang akan kita gunakan dengan produk yang kita miliki. Hal ini penting agar target yang kita inginkan tepat bisa kita dapatkan.

  1. Search Engine Optimization (SEO)

Jika kita sebagai pelaku bisnis sudah mempunyai website sendiri namun masih merasa produk kita belum cukup dikenal, mungkin saja karena produk kita justru tidak muncul di pencarian teratas para calon konsumen. Oleh karena itu, dalam hal ini diperlukan peran SEO (Search Engine Optimization).

SEO adalah cara optimasi website untuk mendapatkan peringkat terbaik di hasil pencarian oleh Search Engine dan hal ini nantinya dapat meningkatkan reputasi bisnis. Jika reputasi bisnis meningkat maka penjualan juga akan menjadi lebih besar. Mengapa website kita harus berada di peringkat teratas Search Engine? Karena dengan ada di peringkat terbaik maka para calon konsumen akan lebih mudah untuk mengunjungi laman website kita. SEO merupakan cara yang cukup ampuh untuk mendorong penjualan. Selain itu SEO juga bisa dilakukan secara gratis dan organik. Jika kita berhasil mengelola SEO dengan baik pada website kita, maka website tersebut bisa menjadi investasi jangka panjang ke depannya.

  1. Pay Per Click (PPC)

PPC adalah model periklanan di internet untuk mengarahkan traffic ke website kita dengan membayar kepada penayang setiap kali iklan diklik. Tujuan PPC ini tidak lain adalah untuk membuat website yang kita miliki bisa muncul di bagian paling atas mesin pencari. Jika SEO bisa dilakukan secara gratis maka PPC dilakukan dengan sistem berbayar. Jenis PPC yang paling popular di kalangan para blogger yakni Google Adwords.

PPC menjadi penting untuk mengoptimasi traffic sebuah website karena dengan menggunakan channel marketing ini, pelaku bisnis bisa mendapatkan target yang lebih cepat. Selain itu PPC akan berpengaruh baik terhadap SEO. Hal tersebut tentu akan membawa angin segar untuk bisnis kita.

Demikianlah channel-channel digital marketing yang akan membantu bisnis teman-teman semua. Jika teman-teman sedang memulai bisnis, namun belum mengetahui langkah apa yang harus dilakukan terlebih dahulu untuk memasarkan produk yang dipunya, mungkin teman-teman bisa membuat website terlebih dahulu. Dengan memiliki website pribadi, teman-teman bisa meletakkan berbagai informasi perihal produk, menampilkan promosi, dan lainnya di sana. Dengan begitu, bisnis teman-teman akan lebih terpercaya di mata konsumen karena sudah mempunyai ‘rumah’ sendiri bagi produk-produknya.

Lalu, “Di mana saya harus membuat website?” tentu Jetorbit adalah jawabannya. Jetorbit sebagai penyedia layanan hosting murah, domain,. email hosting dan bisa menyesuaikan kebutuhan bisnis teman-teman. Jadi, tertarik membuat web dan menjalankan bisnis dengan Jetorbit sebagai partner-nya? Silakan kunjungi laman Jetorbit.com untuk informasi yang lebih lengkap dan up to date!