Cara Melakukan Registrasi IMEI Ponsel Luar Negeri

Cara Melakukan Registrasi IMEI Ponsel Luar Negeri

Diposting pada

Gatcha.orgCara Melakukan Registrasi IMEI Ponsel Luar Negeri. Saat berkunjung ke negeri orang, tentunya kita akan melakukan salah satu tradisi yang sudah sangat biasa yakni berbelanja. Karena selain memiliki barang – barang yang tidak dapat kita jumpai sebelumnya. Alasan lainnya adalah harga yang lumayan terjangkau, seperti membeli sebuah ponsel.

Namun, mulai 18 April tahun ini sudah ada ketentuan yang berlaku untuk setiap ponsel luar negeri wajib mendaftarkan nomor International Mobile Equipment Identity atau IMEI agar dapat terhubung dengan operator seluler Indonesia. Dan berikut ulasan selengkapnya mengenai cara untuk melakukan registrasi atau pendaftaran IMEI ponsel luar negeri.

Mengenai IMEI

GSMA atau Global System for Mobile Communications Association mengeluarkan nomor identitas unik yang biasa kita sebut dengan IMEI pada setiap slot kartu. Dan IMEI ini harus didaftarkan ke Kemenperin baik pada ponsel maupun tablet agar bisa digunakan di Indonesia.

Biasanya setiap IMEI ponsel yang kita beli melalui jasa ekspedisi akan langsung teregistrasi karena sudah dilakukan oleh perusahaan pengirim. Sehingga kita tidak perlu lagi melakukan registrasi IMEI pada perangkat tersebut. Meski demikian nyatanya masih ada juga beberapa ponsel dari luar negeri yang belum terdaftar IMEInya.

Cara Untuk Registrasi IMEI Ponsel Luar Negeri

Adapun cara yang dapat kamu lakukan untuk melakukan registrasi atau pendaftaran IMEI pada ponsel yang kita beli dari luar negeri adalah sebagai berikut:

1. Melalui Aplikasi Mobile Bea Cukai

cara mudah daftarkan imei hp luar negeri

BACA JUGA  Mengatasi Youtube Masalah Server 503

Kamu bisa menggunakan aplikasi Mobile Bea Cukai yang ada pada Play Store untuk perangkat Andorid maupun App Store untuk perangkat iOS. Dengan mengisi formulir registrasi berdasarkan data diri beserta data barang yang kita miliki. Jika sudah selesai mengisi formulir tersebut kamu bisa mengakhirinya dengan klik “Complete” dan mendapatkan QR Code untuk kamu laporkan pada petugas pemeriksaan Bea Cukai.

2. Melalui Website Resmi Bea Cukai

cara daftarkan imei hp dari luar negeri

Selain menggunakan aplikasi Mobile Bea Cukai, kamu juga bisa menggunakan website resmi Bea Cukai yakni beacukai.go.id atau https://www.beacukai.go.id/register-imei.html secara online. Dan mengisi formulir registrasi dengan data diri beserta data barang. Jika sudah selesai, kamu bisa mengisi “Key Code” dan klik “Send” untuk mendapatkan QR Code yang nantinya kamu berikan pada petugas pemeriksaan Bea Cukai.

Itulah cara melakukan registrasi IMEI ponsel luar negeri dengan mudah. Semoga dapat membantu kamu yang sedang mencari dan membutuhkan cara ini. Selamat mencoba.