Cara Mengatasi No Bootable Device Pada Laptop / Komputer

Diposting pada

Gatcha.org Di pagi hari yang cerah, admin sudah membuat secangkir kopi lalu menyalakan laptop berniat untuk bekerja. Lalu admin terkejut tiba-tiba laptop yang awalnya tidak ada masalah menjadi tidak bisa masuk ke windows dengan notif “No Bootable Device“. Admin cukup panik karena admin pikir ini masalahnya mungkin hardisk laptop yang rusak. Lalu admin searching di mbah google menggunakan smartphone alhasil admin menemukan caranya. Nah bagi kamu yang mengalami hal yang sama, berikut admin share Cara Mengatasi No Bootable Device Pada Laptop / Komputer.

Cara Mengatasi No Bootable Device Pada Laptop / Komputer

Cara Mengatasi No Bootable Device Pada Laptop
No Bootable Device

Cara ini sebenarnya cukup sederhana, bahkan kamu tidak perlu membongkar laptop kamu sedikitpun karena masalah ini ternyata ada pada settingan BIOS komputer kamu. Nah berikut caranya.

Pertama restart laptop kamu dengan cara tekan pada keyboard kamu Ctrl+Alt+Del. Setelah laptop restart, silahkan masuk ke bios dengan cara tekan pada keyboard F2.

Baca Juga Cara Reset Password Bios Laptop tanpa Bongkar!

Nah setelah laptop kamu berhasil masuk ke BIOS, sekarang masuk ke tab Main pada BIOS lalu pada F12 Boot Menu: Pilih Enable.

Cara Mengatasi No Bootable Device

Pada tab Boot dan Boot Mode nya pilih Legacy.

Terakhir Simpan pengaturan ini dan restart laptop kamu.

Sekarang lihat hasilnya. Laptop kamu sudah normal dan masuk windows.

Penutup

Demikian artikel singkat tentang permasalahan No Bootable Device pada laptop atau komputer. Biasanya ini terjadi karena laptop kamu mati mendadak atau batrei bios laptop kamu sudah lemah sehingga pengaturan bios ter-reset. Dan biasanya ini terjadi pada windows 10. Semoga bermanfaat.

BACA JUGA  Kenali Tanda - Tanda Laptop Minta Install Ulang