Clubhouse, Aplikasi Obrolan Suara
Clubhouse, Aplikasi Obrolan Suara

Clubhouse, Aplikasi Obrolan Suara

Diposting pada

Gatcha.orgClubhouse, Aplikasi Obrolan Suara – Sebagai warganet tentunya sudah tahu bahwa belakangan ini ada aplikasi obrolan suara yang mulai banyak diminati pengguna, yaitu Clubhouse. Tapi nampaknya masih banyak yang belum mengetahui aplikasi baru ini. Untuk itu, dalam postingan kali ini kita akan membahasnya. Apa itu Clubhouse dan bagaimana cara menggunakannnya. Berikut ulasan selengkapnya.

Apa Itu Clubhouse?

Clubhouse merupakan aplikasi media sosial buatan AS berbasis audio yang memungkinkan penggunanya untuk membuat dan bergabung ke dalam satu ruang virtual untuk berdiskusi atau mengobrol bersama orang lain dalam panggilan konferensi yang besar.

Aplikasi yang semakin populer sejak CEO Tesla Elon Musk memperkenalkanya melalui Youtube ini bahkan telah menjadi platform untuk membicarakan topik terkadang di China seperti kemerdekaan Taiwan, persoalan Uighur, demo pro-demokrasi Hongkong dan lainnya.

Aplikasi yang berdiri pada tahun 2020 lalu ini tidak hanya berbentuk audio yaneh tak bergambar, video ataupun teks. Namun pengguna dapat bergabung dan meninggalkan panggilan kapan saja serta mengubah ruangan menjadi aula rapat umum. Dan selanjutnya akan ada penambahan fitur – fitur lainnya seperti tip, tiket hingga layanan langganan.

Kini Clubhouse bernilai 1 miliar dolar AS dan dianggap sebagai startup Unicorn seperti Uber, SpaceX hingga AirBnb. Bahkan permintaan keanggotaan pun telah memanas hingga undangan keanggotaan pun telah dijual di pasar bekas Alibaba maupun Idle Fish.

Cara Bergabung Clubhouse

Untuk bergabung ke Clubhouse, pengguna harus mendapatkan undangan dari orang yang sudah mempunyai akun. Dan untuk saat ini, Clubhouse hanya tersedia untuk pengguna iPhone. Namun, berdasarkan pernyataan Paul Davidson selaku CEO Clubhouse, nantinya aplikasi ini juga bisa pengguna gunakan perangkat lain termasuk Android.

BACA JUGA  Nonton Attack on Titan Season 4 Episode 9

Cara Kerja Clubhouse

Aplikasi ini akan menyajikan daftar ruang beserta siapa saja yang ada di setiap tangannya. Untuk bergabung ke sebuah ruang, pengguna bisa mengetuknya atau bisa juga membuat ruangan sendiri. Dan sebagian besar ruang yang ada pun memiliki suasana TED talk, yang artinya satu orang berbicara, yang lainnya mendengarkan.

Banyak percakapan yang berlangsung pada waktu yang sama, sehingga kita bisa beralih antara subjek dan pembicara berdasarkan minatnya. Dan ruang Clubhouse juga dipandu oleh para ahli, tokoh terkenal, jurnalis, selebriti dan lainnya.

Itulah ulasan mengenai Clubhouse, aplikasi obrolan suara yang mulai banyak orang kenal. Bagaimana? Dan mau mencobanya?